KOMPAS.comBody shaming adalah suatu tindakan mengejek penampilan fisik orang lain. Sikap ini sebenarnya tidak jauh beda dari bullying atau penindasan.

Tidak hanya membuat korban kehilangan kepercayaan diri, body shaming ternyata bisa menyebabkan stres dan depresi.

Sampai saat ini, tindakan body shaming masih menjadi permasalahan sensitif di banyak negara, tidak terkecuali Korea Selatan (Korsel).

Seseorang dikatakan sempurna apabila memiliki kulit putih, tubuh langsing atau wajah cantik. Secara otomatis, ia pun dianggap telah memenuhi standar kecantikan pada umumnya.

Baca juga: Bintang The Penthouse, Kim Young Dae, Bakal Tampil Jadi Cameo dalam True Beauty

Tak jarang, banyak orang berlomba menjadi cantik atau tampan dengan melakukan berbagai perawatan. Tidak tanggung-tanggung, beberapa di antaranya bahkan rela merogoh kocek hingga puluhan juta untuk menjalani operasi plastik.

Merebaknya isu body shaming di tengah masyarakat ini lantas menarik perhatian sejumlah production house (PH) di Korsel untuk memproduksi drama Korea (darkor).

Salah satu drakor tentang body shaming yang tengah naik daun adalah True Beauty (2021).

True Beauty mengisahkan tentang seorang gadis bernama Lim Ju Kyung yang menjadi korban bullying sejak kecil. Akibat dari perlakuan ini, tidak ada seorang pun yang mau berteman dengannya.

Baca juga: Moon Ga Young Akui Butuh Waktu Lama Jiwai Karakter Ju Kyung di True Beauty

Trauma akan hal itu, Ju Kyung kemudian belajar cara menggunakan make up agar lebih percaya diri menghadapi orang-orang di sekitarnya.

Akhirnya, saat memasuki sekolah menengah atas (SMA), Ju Kyung tampil beda dengan wajah glowing dan cantik bak aktris Korea.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *