KOMPAS.com – Karakter pemeran Lee Joon Young, anak dari pemeran utama dalam drama Korea, The World of the Married diceritakan menderita kleptomania atau kebiasaan mencuri.

Kondisi kleptomania yang diderita Jeon Jin Seo dalam perannya, diceritakan tak lepas dari kondisi lingkungannya, yakni akibat orangtua yang bercerai.

Hingga saat ini, memang belum ditemukan penyebab pasti dari gangguan mental tersebut. Namun dugaan terkuat hal itu disebabkan karena pengaruh lingkungan atau pengaruh genetik.

Melansir Very Well Mind, Jumat (8/5/2020), terdapat tiga pendekatan dalam ilmu psikologi mengenai penyebab seseorang mengidap kleptomania.

Baca juga: Anak Dalam Drama The World of The Married Kleptomania, Apa Itu?

Pertama, pendekatan psikoanalisis, yakni beberapa pendapat mengatakan seseorang memiliki kleptomania didorong oleh rasa untuk memperoleh objek atau benda guna mengkompensasi secara simbolis rasa kehilangan atau rasa terabaikan yang ada pada dirinya.

Menurut pendekatan ini, pengobatan untuk gangguan kleptomania terletak pada menemukan motivasi yang mendasari perilaku tersebut.

Kedua, pendekatan kognitif-behavioral, yakni menunjukkan gangguan dapat dimulai ketika seseorang melakukan pencurian tanpa mendapat konsekuensi yang buruk.

Di mana saat melakukan aksi pencurian pertama semuanya berjalan dengan baik, sehingga tak mendapatkan hukuman. Kondisi ini memungkinkan perilaku mencuri bisa terjadi lagi di kesempatan lainnya.

Baca juga: PMS Bisa Jadi Gangguan Mental, Ini Penjelasan Ahli

Akhirnya keinginan untuk melakukan tindakan mencuri menjadi sangat kuat, membuat seseorang mungkin akan melakukannya lagi dan lagi. Ketika berada dalam kondisi yang demikian, mereka memiliki dorongan yang besar untuk mencuri dan tak bisa ditahan.

Bagi orang dengan ganguan kleptomania, tindakan mencuri dapat mengurangi stres dan ketegangan yang dialami individu. Bahkan, dengan seiring waktu akan terbiasa mencuri untuk menghilangkan rasa stres.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *